Seperti diketahui, kejadian naas yang menimpa Sukhoi Super Jet pada awal Mei 2012 lalu bisa jadi merupakan faktor kelalaian manusia atau human error. Salah satu faktor yang mengatur proses terbang pesawat adalah petugas Air Traffic Controller di menara-menara bandara. Dalam hal kejadian ini adalah bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng. Dan perlu diketahui ada beberapa bandara super sibuk yang ada di Indonesia, tiga teratas yang tersibuk adalah Cengkareng, Bali dan Makassar.
Berikut kutipan dari akun twitter seorang reporter Tempo yang baru saja bertugas mewawancarai salah seorang petugas ATC:
@arifz_tempo: 1. Tweeps, laporan utama Tempo besok ttg centang perenang menara pengawas bandara alias #ATC. Sy TLkn segera. http://t.co/XU6uDimt
@arifz_tempo: 2. Tersebutlah N petugas #ATC bandara soeta yg pandu sukhoi ketika celaka. Kini ia stress berat+k'takutan. ATC diduga bperan dlm tragedi itu
@arifz_tempo: 3. N izinkan sukhoi turun dari 10 ribu ke 6 ribu kaki, meski pesawat keluar dr training area dan disergap awan tebal #ATC
@arifz_tempo: 4. Selain peralatan tak memadai, N lalai krn krn super sibuk. Pd saat yg sama ia hrs pandu 13 pesawat lain yg hilir mudik #ATC
@arifz_tempo: 5. Tangani 13 jalur sebetulnya tak istimewa. Kali yg lain petugas tangani 30 jalur. Gile banget! #ATC
@arifz_tempo: 6. Bayangkan, di langit jkt saban hari ada 2.000 penerbangan. 1.100 naik turun dari soeta. Saling salip tjadi. Sbg pnumpang kt tak sdar #ATC
@arifz_tempo: 7. Ini p'alaman Tempo. Naik GA309 sby-jkt 26 april lalu. Pswt hampir landing, ll naik lagi. Pilot umumkn jalur direbut mskpai bea murah #ATC
@arifz_tempo: 8. Rebutan jalur sebabkn maskapai dekati #ATC. Korupsi terjadi. Petugas ditraktir jalan2. Mkn cepat landing makin irit avtur
@arifz_tempo: 9. Pengalaman lain.Sorng pilot, Megi Helmiadi, antre landing. Diminta puter2 di udara, avtur tak cukup. Frustasi,dia turun di Palembang #ATC
@arifz_tempo: 10. Insidn hampir tjadi di makasar '05.Cathay+Qantas nyaris tabrakn, #ATC slh atur ktinggian. Jrk 60m,pilot teriak2. Cina+Ausie kecam Ind
@arifz_tempo: 11.Hanna Simatupang, mantan KNKT cerita: dua maskapai rebutan landing di soeta. Selamat tapi sampai di terminal pilot brantem, gebuk2n #ATC
@arifz_tempo: 12. Di Soeta ada 5 menara. Petugas kurang.Supervisor rangkap controller. Saat sukhoi jatuh, asisten controller dinas di menara lain #ATC
@arifz_tempo: 13. flight plan system di #ATC juga bmasalah. Data pesawat yg masuk ke sektor p'awasan diunggah manual. Beban ptgas bertambah.
@arifz_tempo: 14. Automatic Air Traffic Control System gunakan teknologi 97. Idealnya diperbarui tiap 10 thn. Radar sering padam. sepekan 1-2 kali. #ATC
@arifz_tempo: 15. #ATC punya bnyk bos: Angkasa Pura I dan II, plus Kemenhub. Akibatnya: rute berkelok. ATC tak sigap saat pswt dr wilayah lain masuk.
@arifz_tempo: 16. Menteri Dahlan Iskan pernah sidak #ATC dan temukan menara kacau balau: sampah berhmburan, petugas mrokok dan main HP, pdhal bahaya
@arifz_tempo: 17. Sekian tweeps. Bukan untk menakut2i, tapi gak ada salahnya perbanyak doa kalau naik pesawat. Tabik!
Semoga Allah selalu melindungi kiya. Aamiin..
*Timeline tersebut sudah saya cek langsung ke akun @arufz_tempo pd tgl 21 Mei 2012, dan ada beberapa tweet dari teman-teman pemilik akun yg menanyakan keabsahan tweet tsb.
Berikut kutipan dari akun twitter seorang reporter Tempo yang baru saja bertugas mewawancarai salah seorang petugas ATC:
@arifz_tempo: 1. Tweeps, laporan utama Tempo besok ttg centang perenang menara pengawas bandara alias #ATC. Sy TLkn segera. http://t.co/XU6uDimt
@arifz_tempo: 2. Tersebutlah N petugas #ATC bandara soeta yg pandu sukhoi ketika celaka. Kini ia stress berat+k'takutan. ATC diduga bperan dlm tragedi itu
@arifz_tempo: 3. N izinkan sukhoi turun dari 10 ribu ke 6 ribu kaki, meski pesawat keluar dr training area dan disergap awan tebal #ATC
@arifz_tempo: 4. Selain peralatan tak memadai, N lalai krn krn super sibuk. Pd saat yg sama ia hrs pandu 13 pesawat lain yg hilir mudik #ATC
@arifz_tempo: 5. Tangani 13 jalur sebetulnya tak istimewa. Kali yg lain petugas tangani 30 jalur. Gile banget! #ATC
@arifz_tempo: 6. Bayangkan, di langit jkt saban hari ada 2.000 penerbangan. 1.100 naik turun dari soeta. Saling salip tjadi. Sbg pnumpang kt tak sdar #ATC
@arifz_tempo: 7. Ini p'alaman Tempo. Naik GA309 sby-jkt 26 april lalu. Pswt hampir landing, ll naik lagi. Pilot umumkn jalur direbut mskpai bea murah #ATC
@arifz_tempo: 8. Rebutan jalur sebabkn maskapai dekati #ATC. Korupsi terjadi. Petugas ditraktir jalan2. Mkn cepat landing makin irit avtur
@arifz_tempo: 9. Pengalaman lain.Sorng pilot, Megi Helmiadi, antre landing. Diminta puter2 di udara, avtur tak cukup. Frustasi,dia turun di Palembang #ATC
@arifz_tempo: 10. Insidn hampir tjadi di makasar '05.Cathay+Qantas nyaris tabrakn, #ATC slh atur ktinggian. Jrk 60m,pilot teriak2. Cina+Ausie kecam Ind
@arifz_tempo: 11.Hanna Simatupang, mantan KNKT cerita: dua maskapai rebutan landing di soeta. Selamat tapi sampai di terminal pilot brantem, gebuk2n #ATC
@arifz_tempo: 12. Di Soeta ada 5 menara. Petugas kurang.Supervisor rangkap controller. Saat sukhoi jatuh, asisten controller dinas di menara lain #ATC
@arifz_tempo: 13. flight plan system di #ATC juga bmasalah. Data pesawat yg masuk ke sektor p'awasan diunggah manual. Beban ptgas bertambah.
@arifz_tempo: 14. Automatic Air Traffic Control System gunakan teknologi 97. Idealnya diperbarui tiap 10 thn. Radar sering padam. sepekan 1-2 kali. #ATC
@arifz_tempo: 15. #ATC punya bnyk bos: Angkasa Pura I dan II, plus Kemenhub. Akibatnya: rute berkelok. ATC tak sigap saat pswt dr wilayah lain masuk.
@arifz_tempo: 16. Menteri Dahlan Iskan pernah sidak #ATC dan temukan menara kacau balau: sampah berhmburan, petugas mrokok dan main HP, pdhal bahaya
@arifz_tempo: 17. Sekian tweeps. Bukan untk menakut2i, tapi gak ada salahnya perbanyak doa kalau naik pesawat. Tabik!
Semoga Allah selalu melindungi kiya. Aamiin..
*Timeline tersebut sudah saya cek langsung ke akun @arufz_tempo pd tgl 21 Mei 2012, dan ada beberapa tweet dari teman-teman pemilik akun yg menanyakan keabsahan tweet tsb.
posted from Bloggeroid
Tidak ada komentar:
Posting Komentar